Jumat, 05 Oktober 2012

Langkah-Langkah Membuat Blog

1. Blog di Blogspot.com
Pada bagian ini kami akan menjelaskan langkah – langkah untuk membuat account Blog, dan kami memilih blogspot.com sebagai tempat untuk membuat account Blog.
Langkah awal silakan buka browser Anda dan masuk ke http://www.blogspot.com atau bisa juga melalui http://www.blogger.com, lihat gambar berikut :
Silakan klik CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan tampil form yang harus untuk pembuatan account Blog di blogspot.com, perhatikan gambar berikut :
Cara pengisian form pendaftaran diatas adalah :
  • Alamat email : masukan alamate mail Anda, contoh : robianto84@yahoo.com alamat email email yang kita masukan sekaligus sebagai user untuk login di blogspot.com
  • Ketik ulang alamat email : silakan masukan alamat email yang sama contoh : robianto84@yahoo.com hal ini adalah untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan.
  • Masukan password : masukan password atau kata sandi yang akan digunakan saat kita akan login kedalam member area Blog.
  • Ketik ulang sandi : ketikan sandi yang sama sama seperti password diatas.
  • Tampilan nama : masukan nama Anda
  • Verifikasi kata : perhatikan kata acak yang ditampilkan dibagian atas kolom verifikasi kata, masukan kata acak tersebut ke kolom verifikasi kata.
  • Penerimaan persyaratan : berikan centang pada kotak kecil penermaan persyaratan, hal ini menandakan bahwa Anda setju dengan semua syarat yang telah ditentukan oleg blogspot.com Jika semua form telah diisi dengan benar, silakan klik tombol LANJUTKAN pada sudut kanan bawah.
Selanjutnya Anda akan diarahkan ke langkah selanyutnya yaitu pemberian namaBlog, lihat gambar dibawah ini : Beri nama Blog
  • Judul blog : tulislah judul Blog yang sedang dibuat, jika kita membuat Blog sekolah silakan masukan judul yang berhubungan dengan sekolah, contoh : Blog Fakultas Teknik UTSU, atau jika Blog untuk pribadi bisa ditulis dengan : Situs Pribadi Mokoginta atau silakan ditulis sesuai dengan keinginan Anda.
  • Alamat Blog : masukan alamat Blog Anda, contoh http://robiyanto-anto. blgspot.com, dengan alamat inilah Blog yang kita buat dapat diakses. Selanjutnya klik tombol LANJUTKAN pada sudut kanan bawah untuk lanjut pada tahap yang ke 3 yaitu memilih themplete atau layout tampilan Blog yang sedang dibuat.
  • Memilih template
Secara default blogspot.com telah menyediakan beberapa jenis template yang bisa dipilih sesuai dengan dengan keinginan, sebagai contoh pada gambar diatas kami memilih template No. 897, setelah template dipilih selanjutnya klik tombol LANJUTKAN. maka akan tampil halaman dengan pesan Blog yang sudah jadi.

Proses pembuatan account Blog selesai, dan selanjutnya silakan mengisi Blog dengan content yang sesuai dengan kategori Blog, contoh jika yang dibuat Blog pendidikan isilah content dengan hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar